Monday, April 25, 2011

Prosedur Menggunakan Gabungan Surat untuk Membuat Label

cara mengoperasikan gabungan surat untuk membuat label.

Langkah 1: Buat dokumen utama

Mulai dokumen baru untuk membuat label baru, atau buka dokumen yang sudah ada yang telah Anda gunakan sebelumnya untuk menggabungkan label.
  1. Buka dokumen di Word, kemudian mulai gabungan surat. Untuk memulai gabungan surat, ikuti langkah berikut, yang sesuai untuk versi Word yang sedang Anda operasikan:
    • Microsoft Word 2002

      Pada menu Alat, klik Surat dan Surat-Menyurat, kemudian klik tab Wisaya Gabungan Surat.
    • Microsoft Office Word 2003

      Pada menu Alat, klik Surat dan Surat-Menyurat, kemudian klik tab Gabungan Surat.
    • Microsoft Office Word 2007

      Pada tab Surat-Menyurat, klik Mulai Gabungan Surat, kemudian klik Wisaya Gabungan Surat Setahap demi Setahap.
  2. Di bawah Pilih jenis dokumen, klik Label, kemudian klik Berikutnya: Memulai Dokumen.

    Langkah 2 dari Gabungan Surat muncul.
  3. Di bawah Pilih memulai dokumen, klik Ubah layout dokumen atau Mulai dari dokumen yang sudah ada.

    Dengan opsi Ubah layout dokumen, Anda dapat menggunakan salah satu dari template gabungan-surat untuk mengatur opsi label Anda. Pada saat Anda mengklik Opsi Label, kotak dialog Opsi Label muncul. Pilih jenis printer (dot matriks atau laser), jenis produk label (seperti Avery), dan nomor produk. Apabila Anda menggunakan label kustom, klik Rincian, kemudian ketik ukuran label. Klik OK.

    Dengan opsi Mulai dari dokumen yang sudah ada, Anda dapat membuka dokumen gabungan surat yang ada dan menggunakannya sebagai dokumen utama Anda.
  4. Klik Berikutnya: Pilih Penerima.

Langkah 2: Pilih sumber data

Sumber data berisi informasi yang berbeda-beda di tiap label. Anda dapat membuka sumber data yang ada yang dibuat di Word, atau Anda dapat membuat sumber data baru dan mengisi informasi si penerima.

Catatan Selain itu, Anda dapat menggunakan sumber data yang dibuat di program lain, seperti Microsoft Excel atau Microsoft Access, atau Anda dapat menggunakan buku alamat pribadi yang dibuat di Microsoft Exchange Server atau Microsoft Schedule+, atau Anda dapat menggunakan berkas teks ASCII atau berkas berpembatas lainnya.
  1. Di bawah judul Pilih Penerima di jendela tugas Gabungan Surat, pilih opsi sumber data yang sesuai.

    Opsi tersebut adalah gunakan daftar yang sudah ada, pilih dari kontak Outlook, atau ketik daftar baru.
  2. Gunakan metode yang tepat untuk jenis sumber data yang ingin Anda gunakan.
    Metode 1: Buka sumber data yang sudah ada

    Untuk membuka sumber data yang sudah ada, ikuti langkah berikut:
    1. Di jendela tugas Gabungan Surat, klik Gunakan daftar yang sudah ada, kemudian klik Browse di bawah judul Gunakan daftar yang sudah ada.

      Kotak dialog Pilih Sumber Data muncul.
    2. Dalam daftar berkas di kotak dialog Pilih Sumber Data, pilih sumber data yang ingin Anda gunakan, kemudian klik Buka.

      Apabila sumber data yang Anda inginkan tidak ada di daftar berkas, klik drive dan map yang tepat, kemudian pilih opsi yang sesuai di kotak Daftar berkas jenis.

      Word menampilkan kotak dialog Penerima Gabungan Surat kepada Anda untuk mengedit data Anda lagi. Setelah Anda selesai mengedit perubahan, klik OK.

      Surat Anda ditampilkan.
    3. Klik Berikutnya: Tulis surat Anda untuk menyiapkan dokumen utama Anda.
    4. Lanjutkan ke Langkah 3: Edit dokumen utama bagian yang lebih baru dalam artikel ini.
    Metode 2: Gunakan kontak Outlook
    1. Pada jendela tugas Gabungan Surat, klik Pilih dari kontak Outlook, kemudian klik Pilih Map Kontak di bawah judul Pilih dari Map Kontak Outlook.

      Kotak dialog Pilih Daftar Map Kontak muncul, dengan map Kontak yang tersedia. Pilih map yang benar, kemudian klik OK.

      Nama yang muncul di kotak dialog Penerima Gabungan Surat. Klik OK.
    2. Klik Berikutnya: Atur label Anda.
    3. Lanjutkan ke Langkah 3: Edit dokumen utama bagian yang lebih baru dalam artikel ini.
    Metode 3: Buat sumber data yang baru
    1. Klik Berikutnya: Pilih Penerima, kemudian klik Ketik daftar baru di bawah judul Pilih Penerima.
    2. Klik Buat untuk menampilkan kotak dialog Daftar Alamat Baru. Kotak dialog berisi daftar nama kolom yang sering digunakan dalam surat formulir, label surat, dan amplop.

      Untuk mengkustomisasi kolom Anda pada kotak dialog ini, klik Kustomisasi. Anda dapat mengubah nama kolom dan menghapus kolom yang tidak Anda perlukan. Untuk menambah nama kolom, klik Tambah, ketik nama kolom, kemudian klik OK. Setelah Anda menyelesaikan kustomisasi, klik OK. Setelah Anda selesai mengetik data Anda, klik Tutup untuk menutup kotak dialog Daftar Alamat Baru.

      Kotak dialog Simpan Daftar Alamat muncul.
    3. Beri nama berkas, kemudian klik Simpan.

      Word menampilkan kotak dialog Penerima Gabungan Surat untuk mengedit data Anda lagi. Setelah Anda selesai mengedit perubahan, klik OK.
    4. Pada Wisaya Gabungan Surat, klik Berikutnya: Atur label Anda.
    5. Lanjutkan ke Langkah 3: Edit bagian dokumen utama.

Langkah 3: Edit dokumen utama

  1. Pada jendela tugas Gabungan Surat, verifikasi bahwa langkah Atur label Anda ditampilkan. Dalam langkah ini, Anda dapat mengatur label Anda.
  2. Word menampilkan item yang dapat Anda gunakan untuk mengatur label Anda, seperti Blokir Alamat, Baris sambutan, dan Perangko elektronik. Gunakan opsi Lebih banyak item untuk menambahkan kolom khusus. Klik label di mana Anda ingin memasukkan kolom gabungan yang menunjukkan di mana Word akan mencetak informasi dari sumber data. Pastikan Anda mengetik spasi atau tanda baca yang Anda inginkan antara dua kolom gabungan atau setelah kolom gabungan.
  3. Setelah Anda selesai menyiapkan satu label, klik Perbarui semua label untuk menyalin semua label.
  4. Klik Berikutnya: Pratinjau label Anda untuk mempratinjau data gabungan Anda.

Langkah 4: Lakukan penggabungan

  1. Pada jendela tugas Gabungan Surat, verifikasi bahwa langkah Selesaikan gabungan ditampilkan. Dalam langkah ini, Anda dapat menggabungkan ke printer atau di layar.

    Untuk menggabungkan ke printer secara langsung, klik Cetak. Kotak dialog Gabungkan ke printer muncul, sehingga Anda dapat memilih catatan mana yang akan digabungkan. Klik OK. Kotak dialog Cetak muncul, sehingga Anda dapat memilih printer Anda dan mencetak label.

    Untuk menggabungkan di layar, klik Edit label individu. Kotak dialog Gabungkan ke dokumen baru muncul, sehingga Anda dapat memilih catatan mana yang akan digabungkan. Klik OK untuk menggabungkan label. Anda dapat melihat label sebelum Anda mencetaknya.
  2. Setelah dokumen yang digabung muncul di layar, Anda dapat menyimpannya sebagai dokumen yang terpisah, Anda dapat mencetak dokumen yang digabung dengan mengklik Cetak pada menu Berkas, atau Anda dapat melakukan keduanya.
http://support.microsoft.com/kb/294684/id-id

No comments:

Post a Comment