Monday, April 25, 2011

Pembuatan Efek Motion Guide pada Adobe Flash

Efek Motion Guide itu sendiri merupakan efek yang dibuat sesuai jalur yang telah ditentukan.
Langkah 1
Buka Aplikasi Adobe Flash, kemudian File -> New -> Flash File (Action Script 2.0) -> OK
Langkah 2
Pada Toolbox pilih Oval untuk membuat Objek, disini akan membuat bentuk badan dari objek,
Kemudian gambarkan di lembar kerja sesuai ukuran yang di inginkan, pada saat menggambar aktifkan object drawing yang terletak di bagian bawah dalam tool box. Lalu beri warna di bagian fill color.
Langkah 3
Setelah itu buat untuk bagian kepala objek, agar bagian kepala objek dapat diletakkan di belakang bagian badan, disaat pembuatan objek kepala buat layer baru,
Langkah 4
Di layer 2 baru buat objek kepala, setelah itu drag layer 2 letakkan di bawah layer 1 agar bagian kepala terletak di bawah bagian badan,
Langkah 5
Kemudian buat desain badan objek menggunakan oval,
Langkah 6
Setelah itu blok seluruh Objek, klik kanan pilih Convert to symbol,
Kemudian pilih -> beri nama symbol -> Movie Clip -> registration nya pilih tengah -> OK
Langkah 7
Setelah itu dijadikan Movei clip , klik 2x pada Objek kemudian buat desian untuk kaki objek mengunakan oval, pembuatan movie clip di sini untuk pembuatan efek berjalan pada kaki objek.
Langkah 8
Kaki objek yang telah dibuat beri efek seperti berjalan dengan menambahkan keyframe, caranya :
Pada timeline, misal di frame ke 5 klik kanan pilih insert keyframe lalu gerakkan / geser kaki objek d frame ke 5 itu, agar objek yang lain tetap ada di frame ke 5 tadi tambahkan frame dengan klik kanan insert frame.
Geser / gerakkan kaki objek seperti berjalan di frame ke 5 tersebut. Apabila ingin menambahkan pergerakan lagi, ulangi insert keyframe di objek kaki sebanyak frame yang di inginkan misal sampai frame ke 20.
Langkah 9
Setelah selesai pemberian efek pada kaki objek klik scene 1 untuk mengembalikan keadaan objek di keadaan semula
Langkah 10
Setelah kembali di scene 1 tambahkan motion guide dengan cara mengklik aad motion guide yang terletak disamping penambahan layer.
Di motion motion guide tadi buat objek menggunakan pen tool untuk membuat objek jalurnya.
Langkah 11
Setelah itu di layer 1, frame ke 100 tambahkan keyframe, klik kanan -> insert keryframe, di layer guide frame ke 100 tambahkan frame, klik kanan -> insert frame.
Langkah 12
Aktif di layer 1, tepatnya di frame 1 letakkan objek di awal jalur yang telah di buat, di frame ke 100 letakkan objek di akhir jalur, kemudian klik kanan add motion tween. Agar objek jalan sesuai jalur aktifkan orient to path di panel properties.
Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment