Monday, April 25, 2011

Matematika Dalam Komputer


Komputer banyak kita temukan di hampir semua bagian kehidupan. Kita menggunakannya untuk menyimpan kata-kata, suara, dan gambar, untuk membuat gambar di tv, untuk menghitung/ menambah tagihan bill di supermarket, untuk mainan games, untuk ramalan cuaca, untuk mengontrol robot (robot disini bentuk apapun sebagai mesin pembantu kerja manusia), udah gitu juga dipakai buat mendesain mobil loh~ Di zaman yang udah super duper modern kayak gini pasti kita dibekali pelajaran komputer di sekolah atau bahkan mungkin udah banyak banget diantara kita yang malah punya PC di rumah.

Analytical Engine
Komputer sendiri merupakan mesin yang bekerja dengan membuat perhitungan matematis. Ide untuk komputer pertama sendiri datang dari seorang yang ahli matematika, yaitu om Charles Babbage (1792-1871). Pada tahun 1832 dia menciptakan sebuah mesin yang dinamai dengan mesin analitik atau bahasa kerennya analytical engine. Mesin itu bisa melakukan perhitungan matematis dengan mengikuti instruksi yang dimasukan ke dalam mesin. Babbage menggambarkan rancangan yang kompleks untuk mesinnya itu. Tapi sayangnya mereka tidak dibangun pada masa hidupnya~ *kasiaan. Segala sesuatunya didalam komputer modern membuat perhitungan dengan bilangan biner. Tombol bisa berupa ON atau OFF. Ketika tombol dalam keadaan ON, itu dibentuk dari bilangan biner 1, sedangkan ketika tombol pada keadaan OFF, itu dibentuk dari bilangan biner 0. Setiap kata, suara, dan gambar terdiri dari daftar panjang beberapa bilangan biner 1 dan 0. Begitupun dengan huruf alphabet disimpan dalam kode special yang biasa kita sebut ASCII code, misalnya 1000001 untuk A, 1000010 untuk B, dan 1000011 untuk C.

Semua komputer punya beberapa bagian-bagian dasar. Prosesor melakukan perhitungan dan memindahkan bilangan. Memori menyimpan keduanya, program (daftar instruksi-instruksi yang diperintahkan kepada prosesor untuk dilakukan) dan informasi, atau data yang komputer sedang kerjakan. Program-program dan data yang masuk kedalam komputer disebut input. Sedang hasi-hasil yang keluar disebut output.
Kalau kita ngeliat secara lebih dekat pada gambar di layar komputer, kita bisa lihat kotak-kotak kecil berwarna yang disebut pixel. Posisi setiap pixelnya diberi koordinat-koordinat. Bilangan lainnya memberikan warna setiap pixel.


Source : A-Z Children Encyclopedia Series, English For Spesific Purposes Book - UMM Press 

No comments:

Post a Comment