Monday, April 25, 2011

Hubungan Matematika dengan Musik

Matematika dan musik zaman sekarang ini mengambil bagian besar masyarakat kita. Tanpa matematika, kita gak bisa mencapai banyak keuntungan yang kita nikmati sekarang. Bangunan, rumah, mobil, dan banyak lagi melibatkan matematika. Setiap bagian kecil dari kehidupan kita melibatkan matematika. Selain matematika, musik sangat mempengaruhi kehidupan kita dalam banyak hal. Ini membantu kita dalam mengekspresikan atau berurusan dengan emosi kita. Baik matematika dan musik saya rasa tampaknya memang penting untuk kehidupan kita.

 Matematika terdiri dari tanda-tanda, notasi, angka, dan persamaan. Musik berisi suara dan notasi yang sangat berbeda dari notasi matematika. Tapi siapa yang sangka dari diantara mereka memiliki hubungan, ya gak?



Orang jarang menyadari kalau mereka menggunakan matematika dan musik bersama. Tidak ada satu studi matematika untuk menjadi seorang musisi atau sebaliknya. Walaupun kesalahpahaman, matematika dan musik berhubungan erat satu sama lain, meskipun banyak hubungan mereka telah dilupakan sejak Abad Pertengahan (Beers, 1998). Walaupun banyak yang tidak menganggap hubungan antara matematika dan musik, mereka berhubungan satu sama lain melalui hubungan antara panjang catatan, waktu tanda tangan, frekuensi suara, dan nomor emas.

Banyak penelitian peneliti hubungan antara prestasi musik dan akademis, khususnya matematika. Sekarang, diketahui bahwa siswa yang terlibat dalam kegiatan musik yang paling mungkin untuk melakukan lebih baik pada akademisi, terutama dalam matematika, dibandingkan dengan mereka yang tidak terlibat dalam musik. Sebagai contoh, di Rhode Island, para peneliti telah mempelajari "tes seni" kelompok delapan sekolah umum. Kelas seni uji telah kindergartners kurang berprestasi yang telah menerima pelatihan musik dan seni visual. Setelah beberapa bulan, para siswa ini telah mengambil tes standar, dan hasilnya menunjukkan bahwa siswa terjebak dengan siswa reguler dalam membaca dan bahkan melebihi teman sekelas mereka dalam matematika (American Music Conference, 2003). Selain itu, mereka telah menunjukkan peningkatan dalam perilaku mereka.



Studi lain oleh universitas di Georgia dan Texas telah menggambarkan bahwa sekolah menengah dan siswa SMA yang mengikuti kursus musik-instrumen skor tinggi pada tes standar (American Music Conference, 2003). Banyak penelitian lain sedang dilakukan untuk menemukan hubungan antara belajar musik dan prestasi akademis, terutama dalam matematika, dan membuktikan bahwa pelatihan musik membantu siswa dan lainnya di matematika meningkatkan dan keterampilan lainnya. Selain itu, teori terkenal yang disebut "Mozart Effect" menyatakan bahwa anak-anak yang terpapar musik klasik di usia dini mereka lebih cenderung menerima nilai tinggi dalam tes matematika (Rusin, 2002).

Dari bukti-bukti yang saya searching~ ini tuh agak berkebalikan dengan saya loh~
Saya tiap hari dengerin karya Mozart, Chopin, Beethoven, dan saya setiap hari berkutat dengan notasi, tempo, panjang catatan, tapi nilai matematika saya kok gak berubah yaa (-____-“) musiknya pilih kasih nih~ tapi asik jugalah yaa, kalau hobbi dan profesi bisa bekerja sama hehe :) 

No comments:

Post a Comment